Ingin Nikah, Tapi Gaji Cuman 2Jt Begini Cara Hitung Keuangannya

Ingin Nikah, Tapi Gaji Cuman 2Jt Begini Cara Hitung Keuangannya

Ingin Nikah, Tapi Gaji Cuman 2Jt Begini Cara Hitung Keuangannya - Menikah memang telah menjadi sebuah tradisi yang akan dialami oleh sebagian besar mereka yang sudah dewasa dan cukup umur. 
Dalam melangsungkan pernikahan, setiap pasangan pastinya akan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Maka dari itu, saat akan melangsungkan pernikahan, beberapa pasangan yang hanya memiliki pendapatan yang tidak seberapa, misalnya Rp2 jutaan, umumnya akan ragu dan mengalami kebingungan saat akan menyelenggarakan pernikahan karena biaya yang besar itu. 

Namun, sebenarnya meskipun Anda memiliki gaji yang pas-pasan, misal dengan nominal Rp2 jutaan, Anda secara rasional sebetulnya masih bisa melangsungkan pernikahan. Bagaimana caranya? 

1. Sisihkan separuh gaji dan pasangan

Kalau sudah niat, jangan ragu untuk sisihkan separuh uang dari gaji kamu dan pasangan. Selanjutnya, Anda harus menabung separuh uang dari gaji tersebut selama kurang lebih dua tahun sebagai persiapan. 

Uang yang telah terkumpul selama dua tahun lebih ini akan cukup untuk Anda gunakan sebagai persiapan resepsi hari bahagia.

2. Batasi undangan

Semakin banyak tamu yang diundang dalam pesta pernikahan, maka semakin besarbudget yang mesti disiapkan. 

Maka dari itu, untuk bisa menghemat biaya, cobalah untuk tidak mengundang banyak orang untuk hadir di acara pernikahan tersebut. 

Tetapkan saja maksimal 200 tamu undangan, 50 dari tamu Anda, 50 milik pasangan, dan 100 lainnya untuk tamu dari keluarga Anda dan keluarga pasangan. 

Daripada mengejar pesta yang berlebihan, bukanlah lebih baik menjaga momen kesakralan pernikahan. Benar kan? Baca Juga: Pusat Pulsa Termurah Di Magetan Jawa Timur

3. Selenggarakan resepsi di rumah

Umumnya pengeluaran terbesar dalam sebuah pesta pernikahan terdapat pada sewa tempat atau gedung. Apalagi jika Anda menyelenggarakannya di pusat kota yang notabene memiliki sewa gedung yang amat mahal, maka pengeluaran pun akan semakin menjadi-jadi. 

Untuk mengatasi hal ini Anda bisa mengakali tempat penyelenggaraan pernikahan ini untuk dilangsungkan di rumah atau halaman kebun rumah Anda. 

Selain menghemat pengeluaran, pesta yang kamu gelar juga tak kalah meriah dan istimewa.

4. Tak perlu foto prewedding

Tak semua pernikahan menggunakan foto prewedding, benar kan? Namun, apabila Anda memang sangat ingin foto prewedding, Anda bisa membuat foto karya kalian sendiri. 

Buat saja dengan menggunakan kamera polaroid. Tak hanya tampak unik, namun foto pre-wedding dengan foto polaroid ini bisa sekaligus digunakan sebagai dekorasi saat acara. 

5. Sewa baju nikah dan seragam lain

Baju pengantin yang hanya akan dikenakan saat pesta pernikahan tentu akan sangat sia-sia jika digunakan sekali. 

Maka, daripada membuat baju pengantin yang membutuhkan biaya yang besar, alangkah baiknya Anda menyewa saja. 

Dengan anggaran Rp5 juta Anda sudah bisa menyewa seragam pengantin yang juga sepaket dengan seragam keluarga.

6. Pakai katering dari kenalan

Jika Anda punya langganan tempat makan atau kedai, dan cathering yang Anda kenal, itu bisa dimanfaatkan untuk bisa menjadi penyedia konsumsi di pesta pernikahan. 

Dengan adanya hubungan baik karena faktor ini tentu Anda bisa mendapatkan harga yang miring dari biasanya. Pakai patokan harga Rp20 ribu per pax, tidak perlu besar-besar kalau memang ingin berhemat. Dengan kedua cara ini Anda bisa menjadikan budget katering tidak membengkak.

7. Menikah di KUA, masjid, atau gereja

Secara agama, pernikahan memang sudah dianggap sah jika sudah terjadi ijab kabul yang biasanya dilangsungkan di KUA atau masjid bagi muslim serta gereja bagi agama kristen. 

Saat mengadakan upacara pernikahan ini di KUA, masjid, atau gereja, Anda tak perlu mengundang banyak orang yang sebagian besar tak Anda kenali. 

Undang sahabat serta keluarga terdekat saja untuk ikut menikmati prosesi pengikatan janji sucimu di rumah ibadah. Tak hanya sarat makna, prosesi di kedua tempat ini pun juga akan Anda kenang selamanya.

Selalu ada jalan menuju Roma

Itulah beberapa cara dan tips untuk bisa mengadakan pesta pernikahan meskipun pasangan memiliki pendapatan terbatas Rp2 juta. 

Dengan tips ini semoga Anda tidak lagi untuk ragu untuk segera melangsungkan pernikahan Anda dengan pasangan. Seperti pepatah bilang, “selalu ada jalan menuju Roma”. 

Jadi semua tujuan bisa dicapai dengan kreativitas yang kita miliki.
Sumber: http://bisnis.news.viva.co.id